MOTTO

MOTTO “SINERGI” BUDAYA KERJA KUA DANUREJAN: Integritas, Profesional, Tanggung jawab, Inovatif, Keteladanan

Rabu, 02 Maret 2016

CALON PENGANTIN MENANAN POHON

Dalam Rangka menindaklanjuti MoU Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Menteri Agama tentang Gerakan Tanam Pohom dan Penguatan Gerakan Keluarga Sakinah Kecamatan Danurejan, KUA Danurejan bekerjasama dengan Forkompinka Danurejan dan kelompok Tani Amanah, Gemah Ripah, Arum Sari wilayah Kelurahan Bausasran melaksanakan penenaman pohon. Penanaman pohon oleh calon pengantin, pengantin baru beserta Pemerintah Kecamatan Danurejan diharapkan menjadi lumbung hidup, warung hidup, dan apotik hidup yang halal dan sehat. Kegiatan yang di laksanakan pada hari Jum’at, 05 Februari 2016 dengan mengambil tempat di lahan kosong seluas 158 m2. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dan kerjasama KUA Danurejan dengan Kelurahan Bausasran melalui Kelompok Tani, Tim Penggerak DBKS Bausasran sebagai percontohan pertama di wilayah Danurejan.





  
         Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala KUA Danurejan Tarso, S.Ag. MSI. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa pilar |keluarga sakinah itu meliputi lima hal salah satunya adalah keluarga memiliki fungsi ekonomi. 


Keluarga sakinah merupakan perwujudan dari bekerjanya fungsi ini dari sisi finansial. Kekuatan agar fungsi ini bias mendorong terwujud/terbinanya keluarga sakinah tadi maka syarat utamanya adalah stabilitas ekonomi keluarga. Untuk menunjang hal tersebut maka program di bidang ekonomi harus berjalan dan ini menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk kegiatan yang dilaksanakan ini. Adapun kegiatan ini bertujuan :
1.    Untuk mengajak seluruh masyarakat khususnya calon pengantin turut serta peduli terhadap lingkungan dengan memanfaatkan lahan kosong dengan bertani berupa lumbung hidup, warung hidup dan apotik hidup yang halal dan sehat. Karena Danurejan ini khususnya adalah wilayah perkotaan yang terbatas pada lahan kosong maka pohon yang ditanam atau pertanian lainnya menyesuaikan dengan keadaan tersebut.
2.    Mendorong laju kegiatan DBKS dalam menguatkan Gerakan Keluarga Sakinah di Kecamatan Danurejan melalui kegiatan yang bersifat konkrit di masyarakat di bidang pertanian dalam membantu menginspirasi para bapak/ibu rumah tangga untuk meningkatkan kesejahteraannya.
3.    Kegiatan ini merupakan tindak lanjut MoU antara Menteri Agama RI dengan Menteri Lingkungan Hidup yang ditanda tangani pada bulan Juni 2015.

  Dalam pelaksanannya kegiatan ini dilakukan bersama masyarakat termasuk penyediaan benih serta pupuk. Diantaranya ada yang menyediakan bibit ubi, ketela, kelor, papaya, sereh, dan sebagainya. Sedangkan pupuk yang tersedia merupakan pemberian dari Dinas Pertanian termasuk benih sawi, kacang.

Kegiatan dibuka oleh Camat Danurejan Budi Santoso, STTP. MSi.  Menurutnya kegiatan ini juga turut serta mensukseskan program penghijauan dan pelestarian lingkungan hidup dari pemerintah sehingga bisa memberi manfaat dan berkah kepada lingkungan sekitarnya dan masyarakat luas.

            Sebelum penanaman pohon, penandatanganan kerjasama antara KUA Danurejan dan Lurah Bausasran diikuti dengan seksama. Prosesi penanaman pohon diikuti dengan antusias oleh anggota forkompinka Danurejan dengan dibantu partisipasi dari warga dan tokoh masyarakat sekitar. Seusai acara penanaman pohon, rombongan kemudian ramah tamah di KUA Danurejan.


              Respon yang positif dari setiap peserta yang mengikuti tanam pohon serta masyarakat dan banyak hal positif yang didapat, terutama melatih untuk selalu peduli terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Tak terkecuali mengajak pengantin baru dan calon pengantin ikut andil dalam kegiatan tersebut sebagai bekal pengalaman dalam mewujudkan keluarga sakinah mawaddah warahmah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer